Saturday, September 5, 2015

Pengalaman Kuliah di Teknik Industri Undip

Teknik Industri
Malam ini, atas permintaan saya, salah seorang teman wanita saya yang pernah kuliah di jurusan Teknik Industri akan berbagi cerita kepada Anda tentang pengalamannya selama kuliah di Teknik Industri Undip. Semoga pengalaman yang dibagikannya dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Selamat menyimak!


Hai semuanya, salam kenal :D. Sebut saja saya 'Si Mbak'.
Oke, saya akan berbagi pengalaman saya di Teknik Industri. Pada awalnya saya sama sekali gak ada pandangan apa - apa tentang Teknik Industri. Karena saat SMA saya sama sekali tidak tertarik bidang keteknikan, saya justru hanya tertarik di bidang ekonomi, hukum, politik padahal saya anak ipa. Awalnya, saya berminat di Akuntansi, namun karna ada kabar burung mengatakan bahwa Undip gak menerima lintas jalur lewat snmptn, jadi saya mencoba mengenal lebih dekat jurusan - jurusan ipa termasuk teknik. (fyi, kabar burung itu gak bener karna waktu upacara penerimaan maba, saya kenalan sama anak ipa masuk akuntansi yang diterima dari jalur snmptn).

Dari sekian banyak jurusan teknik yang saya baca, Teknik Industri cukup menarik perhatian saya. Kata guru BK saya, Teknik Industri itu 'manajemennya ipa'. Selain itu, Teknik Industri juga katanya gak ada gambar tekniknya dan yang pasti gak ada nyrempet - nyrempet biologinya, karna saya kurang menyukai pelajaran tersebut, hehe. Jadi, saya memutuskan untuk memilih Teknik Industri di jalur SNMPTN dan saya diterima. Segitu aja ya intronya...

Pada penerimaan mahasiswa baru, saya ingat salah satu dosen saya mengatakan "Hey kalian anak Teknik Industri, kalian itu telah disiapkan menjadi seorang manajer". Saya semakin senang karena ternyata disini memang manajemennya ipa haha

Oh ya, Anda gak perlu khawatir kesusahan ketika pertama kali masuk kuliah karna Anda sama sekali gak mengenal jurusan itu. Pada semester awal, Anda akan mengulang pelajaran - pelajaran dasar seperti fisika, statistika dan kalkulus. Mata kuliah semester awal yang cukup membuat kaget adalah material teknik, yaitu campuran antara kimia dan bahan - bahan keteknikan yang cukup membingungkan dan ternyata di Teknik Industri ada mata kuliah menggambar teknik. Tapi untungnya angkatan saya mendapat dosen yang baik jadi tugas besar gambarnya hanya satu part mesin saja, bukan menggambar teknik satu produk mesin seperti tahun - tahun sebelumnya. Di semester satu ada mata kuliah Pengantar Teknik Industri. Nah, disinilah nanti Anda akan semakin mengenal apasih Teknik Industri itu. Selain itu, pada semester awal Anda juga akan mulai diajarkan tentang ekonomi pada mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi yang membahas ekonomi mikro dan ekonomi makro secara garis besar. Pada semester selanjutnya, Anda juga akan diajarkan tentang Elektronika Industri, Analisa Biaya dan Estimasi, Planning and Production Control, Manajemen dan Bisnis, dll.

Jadi, Teknik Industri itu menitikberatkan pada efektivitas dan efisiensi. Baik dari segi sumber daya alam yang digunakan, pendistribusiannya, penganggaran, dan juga sumber daya manusianya. Di Teknik Industri nanti Anda akan mengenal istilah 'Ergonomi'. Ergonomi mempelajari tentang sifat dan batasan - batasan manusia agar nantinya tercipta sistem kerja yang efektif, efisien, nyaman, aman dan menyehatkan. Yang dipelajari di ergonomi misalnya ketinggian dan jarak kursi serta meja seorang pekerja agar nyaman dan aman dalam melakukan pekerjaannya sehingga perkerja lebih produktif.  Seorang sarjana Teknik Industri harus pintar membuat sistem. Sistem yang efektif dan efisien agar mencapai hasil semaksimal mungkin.

Teknik Industri Undip pada awalnya adalah penjurusan dari Teknik Mesin yang memisahkan diri menjadi program studi. Menurut saya, Teknik Industri Undip lebih menitikberatkan pada bagian manufaktur, bukan bagian manajemen atau yang lainnya seperti ITB maupun UGM. Pada saat semester III nanti, Anda akan menghadapi praktikum proses manufaktur. Praktikum ini adalah praktikum yang paling mengerikan bagi mahasiswa Teknik Industri Undip. Di praktikum ini, Anda nantinya akan ditugaskan membuat sebuah produk/part dari sebuah mesin. Jadi Anda harus bisa menggergaji besi, turning (bubut), milling (frais), drilling (membuat lubang), boring (memperbesar lubang) dll. Tidak melihat gender, baik laki - laki maupun perempuan harus bisa lolos praktikum proses manufaktur :D.

Di semester akhir nanti akan ada praktikum yang memakan waktu setahun (2 semester). Dalam praktikum itu, Anda akan ditugaskan membuat sebuah produk bersama kelompok Anda. Praktikumnya dimulai dari perencanaan, analisa internal dan eksternal, pembuatan produk, pemasaran, sampai dengan pendistribusiannya. Singkatnya seperti membangun bisnis dari awal. Menarik bukan?

Berikut saya jabarkan kelebihan dan kekurangan Teknik Industri :
  • Kelebihan : Teknik Industri menggabungkan manajemen serta ilmu keteknikan. Ini merupakan nilai plus dibandingkan sarjana dari jurusan manajemen pada umunya.
  • Kekurangan : Yang dipelajari di Teknik Industri terlalu general dan garis besar, jadi kalah jika bersaing dengan sesama sarjana teknik lainnya di dunia kerja, misalkan sarjana teknik mesin atau sarjana teknik elektro karena mereka mempelajari bidangnya secara mendalam.
Pesan saya, jangan kaget kalau ketika ospek nanti akan ada banyak tugas dari senior karena itu pemanasan biar gak kaget pas kuliah karena mulai dari semester III akan ada praktikum yang saling bersaing tugas-tugasnya. Tapi selama Teknik Industri adalah passion Anda, semua itu akan berjalan dengan baik :).

Sekian informasi kali ini. Jika ada pertanyaan untuk Si Mbak, silakan post komentar dibawah :)

70 comments:

  1. Si mbak nya lulusan tahun berapa dan udah kerja apa belum?

    ReplyDelete
  2. Menurut mas sama mbaknya, kl mau ambil matkul analisis dan estimasi biaya perlu belajar pengantar ekonomi dulu nggak? Thx.

    ReplyDelete
  3. mbak nilai2nya gmn wkt sma?aku jugaa pgn ngambil lewat undangan..tapi aku sedikit pesimis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja, variabel penentu di snmptn kan sangat banyak. Trus lupain deh, persiapkan diri buat sbmptn. =D

      Delete
  4. Bljr matematika dan fisika itu hnya semester awal aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fisika dasar dipelajari di semester 1 dan 2. Sedangkan matematika di tiap semester pasti ada, tapi namanya beda-beda, seperti kalkulus, teori probabilitas, dll =D

      Delete
  5. Kak, sy skr masih kelas 11 , sy berfikir ingin masuk teknik industri tapi sy takut krna kurang bisa menggambar dan jg fisika nya krna guru d sklh saya menjelaskannya dg bhs yg kurang dipahami.. kira kira sy harus bgaimana kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menggambar nanti diajari gambar di kuliah menggambar teknik. Begitu pula fisika akan diawali dengan fisika dasar lagi. Selama kamu ada kemauan, lanjutkan saja untuk mengambil teknik industri, ambil tanggungjawab sendiri untuk belajar dan jangan nyalahin guru/dosennya wkwk. Sukses ya!

      Delete
  6. Kak, apa perbedaan teknik industri sama teknik elektro?
    Lalu apa saja yang di sering di pelajari pada jurusan teknik industri dan teknik elektro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa sangat berbeda ya teknik industri dengan elektro. Kalo yang dipelajari, googling aja kurikulum t.industri dan t.elektro, langsung terlihat semua perbedaannya :)

      Delete
  7. Ka mau tanya lulusan smk bisa gk ya lolos masuk teknik industri lewat snmptn/ sbmptn /smmptn ??

    ReplyDelete
  8. Ka, kalo teknik industri ada hubungannya sama k3 gak? Atau ada peminatan k3 nya? Atau msh nymbung gak sih ke k3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, nanti ada matakuliah K3. Tapi kalo peminatan K3 itu tidak ada.

      Delete
  9. si mbak nya pernah merasakan tbtb si mbak mengalami suatu titik jenuh saat belajar di teknik industri ga? kalau pernah, gmn cara atasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah, sering-sering piknik aja, hehe. Tapi btw di jurusanku banyak yg gak betah trus pindah jurusan lho =D

      Delete
  10. Hai, ga sengaja nemu ini blog pas nyari alamat web jurusanku. Iseng2 baca, Ternyata ini blog mu yaf, hahahaha.
    Wah aku tau anak TI yg km maksud kayaknya yaf wkwkwk.

    Mungkin bisa jawab dikit sih yg pada nanya di komen2 atas, kebetulan aku teknik industri undip juga, tahun terakhir :D
    Pokoknya rajin2 deh cari di google tentang pandangan teknik industri itu kayak apa, supaya kalian semua ada gambaran dikit tentang apa yg bakal kalian hadapi nantinya. Emang sih TI bisa dibilang manajemennya teknik, karna disini ga banyak pelajari ttg fisika/kimia. Bisa dikatakan, disini itu lebih ke matematika terapan, yg diterapin langsung ke dunia industri. Untuk awal2 kuliah emang kita dihadapkan sama materi2 yg umum banget. Fisika dasar cuma fisdas 1 & 2, kayak SMA banget deh. Pokoknya untuk semester 1-2 kalian belajar materi2 yg mungkin menurut kalian buat apa dipelajari haha. Nanti mulai semester 3, mulai deh petualangan kalian wkwk.
    Di TI undip sendiri itu praktikumnya seru, dr semester 1-6 ada aja praktikumnya, kalian para jomblo bisa ngabisin malem minggu sama laptop, ups becanda wkwk.
    Pokoknya jangan sampe kalian salah pilih jurusan deh, soalnya sekali kalian salah jurusan kalian bakal ga menikmati kuliah kalian & akhirnya terbebani.
    Trus yg dikatain banyak yg ga betah & pindah jurusan, soalnya emang itu ternyata bukan passion mereka sih & mungkin apa yg dibayangin pas kuliah ga sesuai kenyataan. Dari kasus angkatanku, ga ada 10 orang yg pindah dr 132 orang. 4 diantaranya karna udah merasa ga cocok & pindah jurusan lain, lainnya karna ditrima di STIS/STAN
    Pokoknya yg terpenting adl yakinkan diri kalian bahwa inilah yg kalian mau, selama kalian menikmati, insyaallah bisa mengikuti semuanya dengan lancar :)

    ReplyDelete
  11. Oh iya ketinggalan, bisa dikatakan 30% materi anak teknik industri sama kayak manajemen lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka mnurut kaka apa yg pling sulit dr TI slma msa kuliah? . Jujur aja sy dsruh ortu msuk TI pdhl sya sma ky si mbak diatas yg lbih trtarik ke akuntansi, mknya sy tkut gk bisa ngejalaninnya nnti..

      Delete
  12. Mbak, numpang nanya dong mabak, kalau teknik industri itu memang yang harus pandai fisika sama matematika ya mbak?? Atau gimana mbak? Terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak, siapa saja bisa belajar teknik industri.
      yang susah itu masuknya universitasnya lho, mata kuliahnya saya yakin semua bisa mengikuti. yang penting tekad dan niat

      Delete
  13. Kak saya dari sma binjai sumut. Saya mau masuk TI undip. Tapi saya rasa saingannya cukup berat sih. Menurut kakak gimana? Atau ada solusi lain untuk masuk jurusan TI?

    ReplyDelete
  14. Kak saya dari sma binjai sumut. Saya mau masuk TI undip. Tapi saya rasa saingannya cukup berat sih. Menurut kakak gimana? Atau ada solusi lain untuk masuk jurusan TI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memang ingin masuk jurusan TI, coba aja daftar TI Undip. Cadangannya, untuk daerah jawa tengah bisa ambil TI UNS atau TI UPN Jogja.

      Delete
  15. Wah, jurusan impian ku nih, kalau teknik industri its sama upn bagus kah? Mau masuk ke sana.

    ReplyDelete
  16. Wah, jurusan impian ku nih, kalau teknik industri its sama upn bagus kah? Mau masuk ke sana.

    ReplyDelete
  17. Wah aku udah rencana nih mau masuk teknik industri its wkwkwk, tapi aku anak smk. Bisa kaga pake jalus snmptn ???

    ReplyDelete
  18. Salken HMTI Universitas Widyatama. SalamUnity

    ReplyDelete
  19. Kak saya mau tanya. Prospek kerja buat anak cewe lulusan TI apa ajah ya? karna kan mayoritas anak TI itu cowo. thanks

    ReplyDelete
  20. Si mbak, mau tanya

    Di TI itu banyak kimianya ngga?

    ReplyDelete
  21. Kak kalo boleh tau nilai rata2 rapor berapa ya waktu snmptn?

    ReplyDelete
  22. Kak menarik tulisan tentang pengalamannya, kalau ga keberatan mau titip lapak jasa terjemah untuk jasa translate jurnal teknik

    ReplyDelete
  23. Thnx bgt buat yg ngeshare pengalaman ttg teknik industri di blog ini jd ada pencerahan mau kemana nentuin fakultas buat kuliah nanti btw aku udah kls 12 dan insyaallah 2018 nanti aku bakal bertempur buat dapetin ptn mohon doa nya ya buat yg baca hehehehe thnx:) <3

    ReplyDelete
  24. Mbak kalo anak ips bisa masuk TI?

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Pertanyaan ini agak ga penting sih, tp gapapa lah ya wkwkwk
    Tugas2 pas ospek nya itu berat banget ga? Contohnya tugas apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga berat, tetep lebih berat tugas praktikumnya kok ��

      Delete
  28. kak saya mau nanya. Setelah baca artikel kaka
    k ini saya tertarik dengan prodi teknik industri. tetapi permasalahannya saya tidak bisa menggambar:( Nah pertanyaannya apakah saya bisa mengambil dan menjalani prodi ini jika saya tidak bisa menggambar? Mohon penjelasannya kak:) Makasih:)

    ReplyDelete
  29. Ka saya mau ambil teknik industri, tapi kalo ambil prodi teknik industri banyak fisikanya engga?

    ReplyDelete
  30. Kak saya ambil prodi teknik industri dan saya lemah soal itung itungan sarannya gimana ya. Makasih :)

    ReplyDelete
  31. Wahhh... artikel nya bagus sekali dan nyaman untuk dibaca nya, ditunggu artikel selanjutnya ya gann.... Bahaya Ruangan Yang Lembab Bagi Kesehatan Manusia

    ReplyDelete
  32. kalo jurusan teknik industri itu, kimia nya giamna ?? tiap semester ada ? soalnya saya kurang di kimia :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaada matkul kimia ^^ yg mirip sama kimia cuma satu, material teknik, di smt 1.

      Delete
  33. apa bedanya kalo ambil ptn dan pts untuk TI Sendiri

    ReplyDelete
  34. ka boleh nanya kalo masuk jurusan teknik industri itu bakalan sibuk banget ga ya? apa kita bakal punya waktu untuk istirahat karna saya takut kalo masuk TI bakal memberatkan dan pusing. sekarang saya siswi sma dan ambil jurusan ipa tapi saya kurang begitu suka pelajaran kimia jadi saya takut nanti kimia di TI bakalan memberatkan buat saya. tapi kalau untuk fisika sejauh ini saya cukup suka walaupun kadang suka pusing sama materi yang diajarkan guru. untuk UN juga tahun ini saya pilih fisika. mohon sarannya ka makasih :)

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  37. Mba saya anak ips dan suka teknik industri..dan ini saya sudah di terima di salah satu univ...pesannya apa mbak dimana saya minim tentang kimia fisika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana bang jadinya sekarang, aku juga anak ips udah masuk TI sempet nyesel karena ngrasa jurusan btw aku masih ospek, gimana kk pindah ato jalanin

      Delete
    2. Ngerasa salah jurusan kak soalnya gabisa kimia fisika mtk dll��

      Delete
  38. Mba saya anak ips dan suka teknik industri..dan ini saya sudah di terima di salah satu univ...pesannya apa mbak dimana saya minim tentang kimia fisika

    ReplyDelete
  39. Kk klo gk pandai fisika sm mtk betah gk ya di T.Industri

    ReplyDelete
  40. Setelah lulus TI nanti yg perempuan kerja bagian apa ya? Mbak nya ini kan pasti udah lulus

    ReplyDelete
  41. Dan juga kebanyakan anak teknik kan yg diambil laki laki

    ReplyDelete
  42. apakah ada juga Diploma 3 Teknik Industri UNDIP ?

    ReplyDelete
  43. Mbak saya jurusan ipa, tapi saya tidak bisa menggambar dan saya agak kurang di kimia, menurut mbak akan berat ga bagi saya untuk mengambil jurusan TI ini?

    ReplyDelete
  44. Kak bisa minta sosmednya ga wa atau ig untuk tanya tanya

    ReplyDelete
  45. Kak, materi dasar matematika yg digunakan dan paling sering digunakan apa kak? Biar nanti materi tersebut dapat lebih didalami kedepan nya. Terima kasih

    ReplyDelete
  46. Kak.. mohon jawabannya.. bagusnya ambil teknik industri di ITS atau di undip ya?

    ReplyDelete
  47. Kak... Aku sama sekali gaada niat ambil jurusan TI, tapi kek nya seru ya. Walaupun aku gasuka itung"an hehe.. Menurut kaka gmna??

    ReplyDelete
  48. Kak, mau nanya dong. Klu ngambil jurusan TI itu susah ga kak? Soalnya aku lemah di menggambar, hitung2n, trus waktu di Smk dulu aku gak ada belajar tentang fisika. Klu aku ngambil jurusan itu, apakah gpp diwaktu perkuliahan kak?

    Btw, kaka tamatnya lebih dr 4 tahun apa gimana? Banyak yg bilang, klu masuk ke jurusan teknik itu tamatnya lama. Apakah ini bener ka?

    ReplyDelete