Tuesday, March 8, 2016

Pengalaman Kuliah di Manajemen UPN "Veteran" Yogyakarta

UPN "Veteran" Yogyakarta

Tidak terasa, perkuliahan saya di kampus baru saya ini sudah berada di semester kedua (saat tulisan ini dibuat). Rasanya waktu satu semester sudah cukup ya untuk mengenal suasana kampus kejuangan ini. Jadi, saya mau ceritain nih plus-minus kuliah disini buat kalian yang mau melanjutkan kuliah ke UPN Jogja ataupun buat yang sekedar kepo dengan kampus ini. Cekidot...


(Yang ingin baca pengalaman saya kuliah di Teknik Geodesi Undip bisa klik disini.)

1. Fasilitas Kampus

Manajemen UPN Jogja berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. FEB sendiri merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak di UPN. Jurusan dengan mahasiswa terbanyak di FEB adalah jurusan Manajemen dengan jumlah mahasiswa per angkatan sekitar 550. Tenang saja, jumlah mahasiswa yang banyak tersebut sesuai dengan banyaknya ruang kuliah yang tersedia. FEB UPNVY terletak di selatan auditorium dan terdiri atas empat gedung yaitu gedung dekanat, gedung Manajemen (4 lantai), gedung Ekonomi Pembangunan (4 lantai), dan gedung Akuntansi (4 lantai).

Kelebihan dari fasilitas di Manajemen UPNVY yaitu:
  1. Ruangan ada banyak, termasuk dua ruang besar di lantai dasar, laboratorium, sekretariat bem, galeri investasi, ruang dosen, perpustakaan, dll.
  2. Ruangan di gedung Manajemen cukup sejuk karena ada pendingin ruangan.
  3. Ada taman dan tempat duduk untuk mahasiswa berdiskusi.
Kekurangan dari fasilitas di Manajemen UPNVY yaitu:
  1. Toilet kurang bersih (it's better now)
  2. Ruang di gedung Ekonomi Pembangunan terasa panas walaupun menggunakan pendingin ruangan, sehingga mahasiswa Manajemen yang kebagian ruangan di EP mungkin merasa kurang nyaman (edit: sudah diperbaiki)
  3. Langit-langit di gedung Ekonomi Pembangunan ada yang bolong (edit: sudah diperbaiki)
  4. Tangga yang cukup tinggi dan panjang hingga lantai 4 kerap membuat dosen dan mahasiswa kelelahan. 

2. Kualitas Pendidikan

UPN "Veteran" Yogyakarta adalah institusi dengan akreditasi B. Akreditasi jurusan Manajemen UPNVY saat ini adalah A. Pada tahun 2015, jurusan Manajemen UPNVY meraih predikat jurusan terbaik di UPNVY. Pada pelaksanaan SBMPTN tahun 2015, Manajemen UPNVY adalah jurusan terfavorit dengan peminat terbanyak dari semua jurusan soshum maupun saintek dengan jumlah pendaftar 5093. Di kancah perlombaan nasional, Manajemen UPNVY cukup aktif dan sering menjadi juara nasional seperti dalam perlombaan business case, business plan, debat, dll.
Dalam hal kurikulum, Manajemen UPNVY menggunakan kurikulum KKNI mulai angkatan 2015. Di kurikulum KKNI, UTS tidak terjadwal, yang terjadwal hanyalah UAS. Menurut pendapat saya, kurikulum KKNI yang baru ini cukup bagus. Kurikulum di UPNVY sangat menerapkan Student Center Learning (SCL). Di lain kesempatan akan saya update kurikulumnya.

Dosen-dosen disini berasal dari berbagai kampus seperti UGM, Unair, Unpad, UI, UPNVY, dll. Mayoritas pengajar bergelar magister dan tak sedikit pula yang bergelar doktor serta profesor. Sama seperti di kampus lain pada umumnya, ada dosen yang mengajarnya enak, dan ada yang tidak enak, kembali lagi pada subjektifitas tiap individu. Di semester 1, menurut saya penilaian antar kelas dengan dosen yang berbeda kurang seragam, sehingga yang dapat dosen pelit nilai IPnya hancur dan yang beruntung dapat dosen murah nilai, IPnya mepet 4. Namun, di semester 2 ini saya lihat ada perubahan sehingga sistim penilaian dosen menjadi lebih seragam.
Banyak lho dosen Manajemen UPNVY yang merupakan orang-orang penting dan praktisi handal di bidangnya. Ada yang menjadi bos usaha besar, pemilik radio, researcher kondang, dsb. Anyway, Rektor UPNVY tahun 2018 adalah dosen dari jurusan Manajemen, yaitu bapak Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si.

Seperti jurusan Manajemen pada umumnya, di tahun pertama akan mendapat mata kuliah dasar seperti teori ekonomi mikro-makro, bahasa inggris, dasar akuntansi, hukum bisnis, kewarganegaraan, olahraga, matematika bisnis, statistika bisnis, akuntansi biaya, komunikasi bisnis, manajemen bisnis global, manajemen sda, dll. Oh ya, di UPNVY, pada semester 1 akan diberikan mata kuliah Widya Mwat Yasa yang merupakan mata kuliah khas di UPN. Widya Mwat Yasa artinya belajar untuk membangun. Isinya mempelajari tentang sejarah UPN ditambah cara membangun diri dan bangsa. Sebetulnya ada lima konsentrasi manajemen di UPNVY, yaitu keuangan, pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan strategi. Namun, dengan perubahan kurikulum, semua konsentrasi tersebut dipelajari satu-satu di tiap semester sebanyak 7 sks. Di semester atas, mahasiswa boleh memilih untuk mengikuti kkl atau magang.

Secara keseluruhan, kualitas pendidikan di Manajemen UPNVY menurut saya sangat baik. Terlihat dari akreditasi dan kualitas dosennya serta kurikulum barunya.


3. Kegiatan di Kampus

Kegiatan mahasiswa di kampus cukup beragam. Di jurusan, ada organisasi Himpunan Mahasiswa Manajemen (Humman), Komunitas Mahasiswa Manajemen (Komma), Kelompok Studi Manajemen (KSM) "Corporation", dan Management Competition Team. Di tingkat fakultas, ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB, Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) "Kliring", dan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM). Dan mungkin masih ada lagi organisasi selain yang saya sebutkan. Di tingkat universitas, tersedia banyak pilihan UKM seperti Menwa UPNVY yang sangat terkenal di kalangan menwa Indonesia, maupun UKM paduan suara "Vocalista Paradiso" yang sering ikut kejuaraan nasional maupun internasional. Selain itu ada pula UKM Mapala, UKM olahraga, UKM beladiri, UKM seni, dll. Ada pula Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM di tingkat universitas.

Selain organisasi, ada pula kegiatan lain yang sering dilakukan mahasiswa seperti menjadi asisten dosen (asdos), maupun membentuk kepanitiaan untuk event-event tertentu seperti acara seminar, festival musik, dll. Tidak jarang kita melihat mahasiswa yang berjualan berbagai hal untuk mendanai acara mereka.

Saya rasa sekian dulu yang akan saya sampaikan di waktu luang ini, selanjutnya akan saya update lagi. Jika ada pertanyaan mengenai Manajemen UPNYK, silakan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar, ataupun mampir ke instagram saya disini.

Terimakasih telah berkunjung!

Regards,
Abdul Yafi

3 comments:

  1. Bang...aku mau nanya nih...boleh kan....??? Hehe.....oke. 1.apa aja sepak terjang jurusan manajemen dan upn...2.knp bem upn g begitu bersinar di indonesia....???

    ReplyDelete
  2. Bang...aku mau nanya nih...boleh kan....??? Hehe.....oke. 1.apa aja sepak terjang jurusan manajemen dan upn...2.knp bem upn g begitu bersinar di indonesia....???

    ReplyDelete
  3. 1. Biasanya nyepaki dan menerjang orang macam kamu.
    2. Karena Ongkos PLN naik stupid, jangan menyalakan lampu sembarangan.

    ReplyDelete