Sunday, September 13, 2015

Pengalaman Kuliah di Akuntansi Trisakti

Ilustrasi Accounting
Berikut ini adalah penjabaran dari teman saya, salah satu mahasiswi jurusan akuntansi di Universitas Trisakti. Dia ini dulunya siswa SMA jurusan IPA. Mau tau ceritanya di jurusan akuntansi? Langsung saja Anda scroll ke bawah. Semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat membaca!

Halo, saya mahasiswi jurusan Akuntansi di Trisakti School of Management semester 5.
Pastinya di setiap kampus selalu ada ospek untuk maba. Disini namanya PK2MB, dan ngak ada yang namanya diisengin dan semacamnya sama senior. Semuanya standar. Nametag besar, rambut diikat pakai pita untuk cewek  dan harus rambut pendek buat cowok. Nah, kalau melanggar peraturan, baru dihukum. Hukumannya baru kayak ospek pada umumnya. Jadinya seperti pelajaran...

Di semester 1 semua jadwal diatur oleh Bagian Akademik. Kita daftar mau ambil kelas pagi atau malam, karena disini mahasiswanya ada yang sambil bekerja juga. Semester selanjutnya baru bisa susun jadwal sendiri.
Mata kuliah di semester awal sudah pasti ada akuntansi dasar. Ternyata, biarpun yang SMA jurusan IPS, tapi disini belum tentu ngerti akuntansi dasar ini, karena beda. Jadi waktu SMA itu namanya pembukuan, sekarang baru akuntansi. Cuma anak-anak lulusan SMK jurusan akuntansi yang paling shining di awal-awal. Tapi begitu semester 3, ada mata kuliah Intermediate Accounting yang bahkan mereka pun kesusahan. Jadi kalau dari IPA ada gunanya juga masuk akuntansi. Awalnya saya pikir nggak ada tantangannya masuk akuntansi, semuanya mudah, ternyata tantangannya baru terasa di semseter atas, pelajaran akuntansinya makin susah. Sangat dibutuhkan kemampuan logika yan baik.

Kalau suka dengan sistem, ada mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Disitu kita belajar mengenai flow masing-masing departemen dalam sebuah perusahaan untuk membangun Enterprise Resource Planning. Contohnya Oracle.

Di semester 6 ada jurusan konsentrasi, kalau di Trisakti dipisah menjadi empat :
  1. Akuntansi Manajemen. Menurut yang udah ambil, kayak merancang masa depan, karena disinilah belajar budgeting. Belajarnya lebih santai, tapi skripsinya paling susah.
  2. Auditing. Pastinya buat jadi auditor, semua MK-nya teori.
  3. Akuntansi Keuangan. Buat yang suka saham dan mau jadi pialang saham atau manajer investasi bisa ambil ini,karena belajar mengenai ratio di laporan keuangan dan ambil keputusan buat invest. Ini yang bikin skripsinya paling gampang.
  4. Perpajakan. Tentu saja semua yang berkaitan dengan pajak dipelajari disini. Pajak sih gampang, tapi  aturannya banyak banget, beda barang, beda tarif pajaknya. Dan itu harus hafal. Skripsinya gampang, Cuma cari datanya susah..
Mengenai prospek pekerjaannya, menurut saya akuntansi itu yang paling banyak lapangan pekerjaanya. Coba saja, semua industri di berbagai bidang pasti melakukan transaksi, maka itu harus ada departemen akuntansi. Dan beda industri, beda juga perlakuan akuntansinya. Ada karier lainnya selain hanya menjadi staff akuntansi seperti auditor, risk manager (ini masih jarang di Indonesia, yang saya tahu baru ada 1 perusahaan yang menyediakan jasa ini yaitu Deloitte), dan konsultan pajak. Tapi yang harus diingat, makin besar fasilitas tentu makin besar juga risikonya. Dan kalau kalian mau jadi entrepreneur, setidaknya kalian punya dasar mengenai budgeting, pencatatan, manajemen usaha (walaupun jurusan akuntansi tapi beberapa mata kuliah jurusan manajemen juga dipelajari) dan marketingnya.

Jadi silahkan pilih jurusan mana yang mau kalian ambil, selama tidak terpaksa. Kalau terpaksa ambil akuntansi, ingat, akuntansi dibutuhkan disemua industri, in the end, kalian tetep bisa kerja di industri yang kalian impikan, walaupun beda departemen :D


Selamat memilih!

6 comments:

  1. Kalau AUDIT apakah skripsinya juga susah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngerti ya gak susah, kalo gak ngerti ya susah.

      Delete
  2. Yg prospeknya paling bĂ gus Di Account.jurusan APA ya! Thx

    ReplyDelete
  3. Apa di kelas sore ada kelas sabtunya? Karena kerjaan saya hari sabtu galibur

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Kalau boleh tau kelas malam itu mulainya jam berapa ya kak? Selesainya juga jam berapa?

    ReplyDelete