Monday, August 31, 2020

Pengalaman Rekrutmen di Zenius Education, Siloam Hospitals, dan Danone AQUA (After Resign)

Hello there! Udah lama gue gak lanjut nulis. So, seperti yang sudah gue janjikan sesuai hasil vote di instagram gue @abdul.yafi selanjutnya gue akan nulis tentang pengalaman rekrutmen gue after resign dari MT Wings.

Sebenernya, gue udah bikin plan kalau 2 bulan setelah resign (Jan-Feb) itu mau gue pake buat istirahat dan jalan-jalan refreshing aja. Soalnya gue belum pernah ada pause yang lamaaa gitu dari tahun 2013 pas gue kuliah di Undip, trus pindah ke UPN Jogja, trus langsung kerja... Setelah bikin paspor, bikin plan segala macem buat nyantuy di Thailand, eh tiba-tiba datanglah si virus mahkota. Hffttt batal sudah semua rencanaku.

Akhirnya di akhir Februari, mulai deh gue lamar-melamar. Gue tuh pengen banget dapet posisi MT Sales/Marketing di perusahaan FMCG. Daftar lah gue ke I-Fuel Indofood, Unilever FLP, dan BEST Program Danone-AQUA. Yang emang gue niatin daftar awalnya sih cuma Indofood sama Unilever aja. Yang Danone itu gak sengaja nemu di instagram wkwk. Selain perusahaan tsb, gue juga terpikir untuk mencoba peruntungan di hal lain yang emang minat gue tinggi juga. Yang pertama adalah daftar jadi Tutor TPA di Zenius Education yang gue pikir sejalan sama pengalaman gue (TPA tuh Tes Potensi Akademik ya, bukan Taman Pendidikan Alquran, apalagi Tempat Pemrosesan Akhir, gak nyambung bosqu). Dan yang kedua adalah jadi Mobile Apps Engineer/Programmer melalui scholarship yang diselenggarakan oleh Siloam Hospitals dengan Hacktiv8 dengan sistem ikut bootcamp abis itu ikatan dinas dengan Siloamnya. Fyi, waktu SMA gue hobi programming, walaupun taunya cuma visual basic aja. At least logic gue jalan lah ya, dan itu lah yang terpenting dalam programming hahaha.

Next next next, malah yang manggil gue duluan untuk proses rekrutmen adalah Zenius dan Siloam. Akhirnya gue ikutin deh tuh proses di kedua tempat itu dalam waktu yang hampir bersamaan. Gue akan jelasin keduanya step by step secara singkat aja ya. Let's start with Tutor TPA at Zenius Education...

Gue daftarnya melalui Kalibrr. Trus abis itu gue di WA untuk konfirmasi apakah bisa phone interview di waktu yang telah ditentukan. Setelah gue konfirmasi, kemudian beberapa hari kemudian gue melakukan phone interview dengan HRD Zenius. Topiknya basic sih kayak perkenalan diri, pengalaman kuliah, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, kelebihan-kekurangan, trus alasan resign, dan kenapa tertarik di posisi tersebut. Telponnya berlangsung sekitar 40 menitan. Abis itu gue dikasih link untuk ngerjain tes kepribadian secara online. Beres deh, tinggal nunggu pengumuman selanjutnya. 

Ternyata gue lolos dan langsung dapet undangan buat ke tahap berikutnya yaitu interview HRD secara langsung dan tes micro teaching di kantor Zenius. Tanpa persiapan apa-apa, cus lah gue ke kantornya Zenius yang berada di gedung gajah pada tanggal 11 Maret 2020. Trus waktu nunggu, gue sambil ngobrol-ngobrol sama seorang cewek calon tutor english, alumni sasing UB. After that, gue masuk ke sesi interview HRD yang menurut gue berjalan sangat lancar. Interview ini kayak membedah pengalaman gue gitu secara mendetail, mulai dari pengalaman selama kuliah, pengalaman gue jadi tutor TPA, pengalaman di Wings, semua dibuka deh. Trus abis itu gue diarahkan ke ruangan untuk micro teaching.

Seperti yang tadi gue katakan, gue ga prepare apa-apa karena gue cukup pede bisa membedah soal TPA yang bakal disodorkan ke gue. Sayangnya, tidak semudah itu ferguso. Alih-alih dikasih soal, gue malah tiba-tiba disuruh ngajar materi. Bingung dong gue mau ngajar materi apaan ._. dan disitu jadi terlihat kalo gue itu kayak gak siap wkwk. Trus abis itu ada banyak sesi tanya jawab kan. Gue lupa detail tanya-jawabnya gimana. Intinya tentang gimana caranya mengajar orang yang kita sendiri gak liat langsung, gak tau pemahamannya sudah seperti apa, dll. Dan dari sesi micro teaching itu gue merasa kalo diri gue belum match sama sosok yang dibutuhkan Zenius untuk jadi Content Maker TPA mereka. And as expected, application gue di Kalibrr di reject he he he.

Next, we move on ke lamaran gue untuk jadi Mobile Apps Engineer di Siloam Hospitals.

 
Awalnya gue denger kabar angin kalo sekarang lagi banyak kelas bootcamp untuk jadi programmer gitu karena demand untuk skill ini lagi banyak banget. Gue tertarik banget dan setelah research kesana-kemari gue menemukan salah satu lembaga terbaik di bidang ini yaitu Hacktiv8. Luckily mereka juga sedang membuka scholarship bekerja sama dengan Siloam Hospitals yang nantinya kalo gue lolos maka akan langsung kerja di Siloam Hospitals dengan ikatan dinas selama 20 bulan. Wah, lumayan juga. So, gue langsung daftar deh di situsnya.

Next, setelah gue daftar, gue langsung dapet undangan untuk interview dan melakukan serangkaian test di gedung Hacktiv8 yang berada di deket PIM. Dateng deh gue kesana naik Grab pada waktu yang sudah ditentukan. Trus abis itu langsung di interview secara singkat dan langsung dikasih soal test yang harus gue selesaikan dalam waktu 90 menit kalo gak salah. Soalnya cukup banyak dan terdiri dari logic test, basic programming, basic math, basic physics, computer literacy, dan english test. Varian soalnya juga cukup lengkap dan menurut gue soalnya bagus dan sangat berkualitas, maknyus deh, otak gue langsung seger abis ngerjain semua soal itu. Dan waktu selesai ngerjain gue puas banget sih karena menurut gue semua soal tadi bisa gue jawab semua dengan benar 100% hahaha (sombong dikit boleh lah ya 😁). Jadi gue udah confident bakal dipanggil buat next step wkwk.

Beberapa hari kemudian, gue dapet email pemberitahuan lolos tahap 1 dan undangan untuk tahap selanjutnya yaitu online interview dengan HR Siloam. Berhubung rumah gue sangat amat gak kondusif buat interview begitu, jadi lah gue minta temenin adek gue ke plaza semanggi yang agak sepi buat interview disana sekalian jalan-jalan. Abis itu gue interview dengan pihak HR. Disini gue banyak ditanya tentang cara berpikir dan mindset gue dalam melihat programming dll, kelebihan-kekurangan gue, pengalaman kuliah maupun kerja, trus ada juga kayak ngetes pemahaman komputer dan logic gue. Trus beliau juga banyak menggali karakter diri gue. Semua berjalan lancar sampai di endingnya bapak interviewer udah langsung menyiapkan gue untuk next step gitu deeh.

Next, gue dapat email lagi yang berisi undangan interview langsung dengan user di Fakultas Kedokteran UPH Lt.29, Karawaci. Langsung deh gue cus naik bus transjakarta. Sampe disana, gue langsung ketemu sama bu Christin dan diinterview panjang lebar oleh beliau. Gue udah agak lupa isi interviewnya, pokoknya apapun yang gue jawab langsung dicatet sebagai notes gitu sama beliau. Secara keseluruhan interviewnya berjalan dengan lancar sih. Dan gue dapet kabar kalo gue lolos, nanti akan bekerja di PT. Meditek Inovasi Global yaitu anak perusahaan Siloam yang sepertinya khusus menangani teknologinya dan berlokasi di Karawaci itu. Setelah itu gue dipersilakan untuk pulang.

Next, gue lolos lagi dan dapet undangan buat Medical Check Up di Siloam Karawaci serta diminta buat ngisi beberapa form. Gue langsung cus lagi ke RS Siloam disamping gedung interview kemaren, trus medical checkup yang lengkap banget, sampe cek feses juga 😂. Setelah semuanya selesai gue langsung pulang deh dan ngisi form gaji yang diinginkan, menyetujui komitmen, dll.

Sayangnya, karena kasus virus mahkota di Indonesia tiba-tiba meroket, Siloam membatalkan scholarship tersebut... (mewek). Gue mendapat email pemberitahuan dan permintaan maaf dari Hacktiv8 karena Siloam membatalkan scholarshipnya walaupun gue sebenernya udah lolos. Rasanya gak enak banget. Udah selesai semua sampe MCU, trus dibatalkan. Gue sedih dan merasa kena PHP tingkat tinggi wkwkwk. Tapi namanya juga hidup, yasudahlah gue nerima aja. Setelah itu gue konfirmasi ke Siloamnya, dan mereka dengan menyesal membenarkan hal tersebut. Batal deh jadi Mobile Apps Engineer di Siloam. Dan dengan ini berakhir pula proses rekrutmen yang gue ikutin di bulan Maret.

Selanjutnya di bulan April agak suram. Gak ada lowongan yang cocok. Gak ada panggilan interview. Gak bisa kemana-mana (LOCKDOWN). Emang sih perusahaan banyak yang menunda maupun membatalkan rekrutmen mereka. Jadilah gue mengisi waktu dengan merenung, berfilsafat, nonton film, main piano, main recorder, dll. Trus karena bosan di rumah, di bulan Mei gue pergi menumpang hidup di kosan temen gue. Disana sinyal kartu XL gue jelek. Ternyata pas ada sinyal, ada missed call banyak dari nomor tak dikenal. Gue hubungin lah nomor itu. Ternyata itu nomor salah satu HR Danone yang mau ngundang gue buat interview BEST Program Danone-AQUA. BEST Program ini adalah semacam program MT Sales yang dibuat oleh Danone-AQUA. Akhirnya muncullah secercah harapan ditengah kesuraman pandemi ini wkwk. Selanjutnya adalah proses rekrutment gue untuk Sales Management Trainee di Danone-AQUA.

 

Gue agak kaget sih, proses yang gue ikutin tiba-tiba langsung interview HRD yang sifatnya kayak perkenalan aja. Abis itu langsung interview oleh calon user gue yaitu seorang Regional Sales Director. Kebetulan banget beliau dulunya juga adalah jebolan MT Unilever yang ditempatin di Palembang, sama kayak gue dulu wkwk. Trus karena pengalaman gue adalah di warehouse, ditanyain deh tuh pemahaman gue soal warehouse. Trus abis itu gue ditanya pemahaman tentang dunia sales, dan apa yang akan gue lakuin kalo gue udah jadi orang salesnya AQUA. Menurut gue interview itu berjalan cukup lancar. Oh ya, semua interview tadi dilakukan secara online tentunya karena lagi pandemi.

Setelah itu, gue dapet undangan MCU H-1 sebelum lebaran hahaha. Untungnya lokasinya bisa di lab Pramita terdekat dari rumah gue. Cus lah MCU, dan abis lebaran gue langsung dapet pengumuman kalo gue lolos dari proses seleksi. Setelah itu gue dikasih offering letter. Dan setelah gue setuju, akhirnya gue diterima sebagai Blue Executive Sales Trainee (BEST) Danone-AQUA 2020. Total BEST 2020 itu ada 15 orang dan berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Kick-off program ini yaitu di pertengahan Juni 2020.

Singkat banget ya? Iya, rekrutmennya singkat, padat, dan jelas banget. Mungkin karena sebelumnya gue udah punya pengalaman kerja juga kali ya. Yang terpenting adalah gue bersyukur banget karena gak terPHP lagi, dan malah berhasil dapetin program MT Sales di perusahaan FMCG yang menurut gue bagus banget secara visi-misi perusahaan, nilai yang dianut perusahaan, dan benefit yang ditawarkan oleh perusahaan buat karyawannya 💓

Demikian cerita rekrutmen gue pasca resign dari MT Wings. Lucunya, setelah gue mulai kerja, gue baru dapet undangan dari I-Fuel Indofood untuk ikut proses rekrutmen mereka. Telat banget undangannya wkwk. Kalo dari Unilever, gue juga dapet email, tapi isinya adalah gue gak lolos seleksi administratif 😂. Yang penting udah diterima yang cukup sesuai dong ya, hahaha.

Mohon maaf kalo agak singkat penjelasannya. Kalo ada pertanyaan silakan tinggalkan komentar atau mampir ke IG gue @abdul.yafi kalo butuh respon lebih cepat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca!

Regards,
Abdul Yafi

 

1 comment:

  1. Wawancara di zenius pakai English atau indo ya?

    ReplyDelete