Sunday, September 13, 2015

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih jurusan teknik

Engineer
Menjadi engineer, atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan insinyur, merupakan profesi yang sangat prestis dan menjadi cita - cita banyak pelajar di negara ini. Terdapat berbagai macam insinyur seperti insinyur sipil, insinyur mesin, insinyur elektro, insinyur geodesi, insinyur lingkungan, dll. Namun, sebelum bermimpi lebih jauh untuk menjadi seorang insinyur, ada baiknya Anda memerhatikan hal - hal berikut ini...


1. Kesehatan Mata

Untuk menjadi seorang engineer, dibutuhkan kesehatan mata yang baik. Pasalnya, mata yang buta warna akan menyulitkan baik di saat menjalani perkuliahan maupun saat bekerja nanti. Biasanya, sebelum diterima kerja oleh sebuah perusahaan, akan ada tes kesehatan. Jika Anda buta warna (baik parsial maupun total) maka Anda akan terdiskualifikasi disini. Biasanya semua jurusan teknik tidak menerima calon mahasiswa yang buta warna total, namun sebagian jurusan teknik masih ada yang menerima calon mahasiswa yang buta warna parsial.
Selain itu, pada jurusan tertentu juga Anda sebaiknya memiliki mata yang tidak silinder (astigmatisme) seperti di jurusan teknik geodesi karena akan menyulitkan Anda di beberapa mata kuliah. Untuk mensiasati hal ini, jagalah kesehatan mata Anda. Kecuali, jika Anda buta warna karena buta warna Anda dapatkan sejak masih lahir dan tidak dapat disembuhkan.


2. Kesehatan Fisik

Tentunya untuk bekerja sebagai engineer pertambangan, surveyor geodesi, memperbaiki pipa - pipa mesin, dll Anda harus memiliki kesehatan fisik yang memadai. Bagaimana Anda melakukan tugas - tugas berat tersebut kalau Anda memliliki stamina yang sangat rendah, memiliki cacat yang menyulitkan bergerak, ataupun memiliki penyakit - penyakit yang akan menyulitkan Anda saat bekerja nanti. Untuk mengantisipasi hal ini, rajin - rajinlah berolahraga dan menjaga kesehatan tubuh Anda dengan makan - makanan bergizi.



3. Kesehatan Mental

Bekerja menjadi seorang engineer dibutuhkan mental yang sehat karena Anda akan bekerja dengan penuh tekanan dan dituntut untuk cepat dan teliti, bahkan tuntutan seperti ini akan Anda alami semenjak Anda duduk di bangku perkuliahan. Jika mental Anda tidak kuat, maka Anda akan cepat mengalami kejenuhan dan depresi karena tingkat stress pekerjaan yang Anda geluti cukup tinggi. Selain itu, di beberapa jurusan teknik yang berhubungan dengan pembangunan, ada kalanya Anda berhadapan dengan warga masyarakat setempat. Dibutuhkan kepiawaian bernegosiasi dengan baik yang jelas saja butuh mental yang sehat untuk bernegosiasi dengan warga setempat. Biasanya juga dibutuhkan kerjasama tim yang baik karena pekerjaan insinyur penuh dengan kerjasama dalam tim dan bahkan antar tim.


4. Tekad dan Determinasi yang Penuh

Ketika Anda sudah bertekad untuk menjadi seorang engineer, Anda lebih baik bersungguh - sungguh. Apa yang akan Anda hadapi tidaklah bisa dengan mudah dilewati ketika Anda hanya setengah - setengah. Anda akan menjalani perkuliahan yang penuh dengan berbagai tugas dan praktikum melebihi jurusan lain, Anda akan mengikuti kuliah dengan tingkat kesulitan yang tinggi, Anda akan mempelajari hal yang tidak dipelajari oleh mahasiswa jurusan lain, Anda akan tidur lebih sebentar dibanding teman Anda dari jurusan lain. Oleh karena itu, Anda dari awal sudah harus memiliki determinasi yang penuh untuk terjun di dunia engineering. 


5. Paham dengan Bidang Anda

Jika Anda tidak suka menggambar namun Anda memilih teknik arsitektur tentunya Anda tidak akan merasa nyaman di jurusan Anda. Jika Anda ingin menjadi insinyur sipil, jangan memilih jurusan teknik elektro. Pastikan Anda mengerti bidang teknik apa yang ingin Anda tekuni karena bidang teknik itu sangat banyak dan berbeda satu sama lainnya. Ada teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, teknik industri, teknik lingkungan, teknik arsitektur, teknik pwk, teknik kimia, fisika teknik, teknik geodesi, teknik geologi, teknik geofisika, teknik perkapalan, teknik pertambangan, teknik perminyakan, teknik pertanian, teknik kelautan, dll. Pahami betul tujuan Anda sebelum memilih jurusan tersebut. Anyway, biasanya jurusan teknik sekarang ini membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari laptop standar karena menggunakan software yang berat. Kumpulkan budget yang cukup untuk membeli laptop yang bagus karena akan sangat menunjang perkuliahan Anda. Dan untuk jurusan teknik, kuliah di PTN akan jauh lebih murah dibanding PTS karena di PTS Anda akan terbebankan biaya praktikum yang tinggi.


Kiranya sekian hal - hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih jurusan teknik. Terus semangat dan gapailah cita - cita Anda.
Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. Jika Anda ada pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah :).

No comments:

Post a Comment