Sunday, September 13, 2015

Pengalaman Kuliah di Arkeologi UI

Arkeologi
Di post ini, adalah sumbangsih dari teman saya yang saat ini sedang kuliah di jurusan Arkeologi di UI. Mau tau pengalaman dia di Arkeologi UI dan alasan dia memilih jurusan tersebut? Simak saja tulisan berikutnya. Selamat membaca!

Halo semua, nama saya Almy Birama Jufaransyah. Saya kuliah di Universitas Indonesia program studi Arkeologi angkatan tahun 2014. Mungkin orang bertanya - tanya mengapa saya memilih program studi tersebut. Banyak dari mereka beranggapan bahwa lulusan Arkeologi hanya “mengendap” di museum-museum. Tak sedikit pula orang - orang yang mengecap lulusan ini sebagai lulusan yang tak akan memiliki masa depan. Saya sendiri sebetulnya telah menyukai bidang ini semenjak saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Saya masih ingat sekali ketika menyaksikan siaran televisi seperti Discovery Channel dan siaran-siaran budaya dan peninggalannya di Metro TV. Saya begitu terpukau dengan keadaan alam Indonesia, bentuk kebudayaanya, dan sejarah-sejarahnya yang menurut saya harus dilestarikan, bukan ditinggalkan apalagi di kerdilkan sebagai suatu cabang ilmu yang menurut sebagian orang tak memiliki masa depan. Tujuan saya meraih pemahaman dalam ilmu arkeologi bukanlah untuk meraih kesuksesan secara materil, dan bukan juga untuk kepentingan pribadi saya di dunia pekerjaan. Namun bagi saya, ilmu ini diraih untuk memberikan manfaat kepada alam dan masyarakat dan untuk melestarikan budaya bangsa.

Ilmu Arkeologi sangat penting karena Arkeologi menggali identitas suatu bangsa dan merekonstruksi kembali sistem kebudayaan yang diterapkan masa lalu, dan menerapkan manfaatnya di masa kini dan masa mendatang. Sebagai contoh pada masa penulisan prasasti di jaman kerajaan. Segala sesuatu yang terjadi pada saat pembuatan prasasti sudah dipandang jelas oleh masyarakat di masa itu sehingga tidak perlu ditulis secara lengkap oleh citralekha (penulis prasasti). Oleh karena itulah supaya membangun kembali sejarah bangsa Indonesia seringkali terbentur pada sisi gelap yang tidak terpecahkan. Bagian-bagian yang kosong ini kemudian diisi dengan hipotesis yang memungkinkan terjadi perubahan setiap kali ada penemuan baru. Upaya rekonstruksi inilah yang harus dilakukan untuk semakin memperjelas kehidupan pada masa itu dan sistem budayanya sehingga kita bisa mengambil manfaat dan pelajarannya untuk masa kini dan masa mendatang.

Contoh mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Arkeologi UI adalah pengantar teori arkeologi, perkembangan kebudayaan Indonesia, arsitektur bangunan umum islam dan kolonial, arkeologi seni, museologi, arkeologi maritim, kepurbakalaan Indonesia, dll. Begitulah gambaran kasar mengenai apa yang akan Anda pelajari di jurusan ini.

Menarik bukan? Jika memang arkeologi adalah passion Anda, tunggu apa lagi! Hanya ada 4 universitas di Indonesia yang memiliki jurusan arkeologi, yaitu UI, UGM, Unud, dan Unhas. Kuota yang disediakan pun biasanya sedikit. Kita akan menjadi arkeolog - arkeolog Indonesia yang bermanfaat untuk negara. Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk Anda.

18 comments:

  1. Kalo mau masuk UI jurusan arkeologi susah nggak? Nilai harus tinggi kah? Tlg bls ya, coz sy ngebet bget pgen ngambil jurusan arkeologi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan Arkeologi UI termasuk jurusan yang relatif mudah ditembus dibanding jurusan soshum lain di UI. Tapi, tetap maksimalkan nilai ya untuk memastikan langkahmu menuju UI. Sukses, bro!

      Delete
  2. Arkeologi ui boring ga sih ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo boring atau engga, tergantung minat kamu. Ada orang yang gak bosen seharian ngitungin duit, ada yang liat angka2 langsung pingsan. Kalo arkeologi adalah minat kamu, tentunya kamu ga akan bosan! :D

      Delete
    2. Halo, sebenarnya saya sudah berkunjung ke blog ini sudah lama. Tapi, saya baru komentar sekarang. Menarik ya postingannya, apalagi yang menjadi narasumbernya adalah teman saya sendiri. Hehe.
      Jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya di arkeolitik.blogspot.com
      Blog khusus untuk membahas mengenai Arkeologi UI :)
      Terimakasih.

      Delete
    3. Halo Asri, terimakasih telah berkunjung ke blog ini :)

      Silakan yang mau tau lebih banyak mengenai arkeologi UI bisa mengunjungi http://arkeolitik.blogspot.co.id

      Delete
  3. Doain kami ya kk biar lulus :)

    ReplyDelete
  4. Blog menarik , kalo bisa ceritain pengalaman2nya ka selama kuliah jurusan arkeologi, saya dari dulu juga suka tentang sejarah atau arkeolog .

    Thanks :)))

    ReplyDelete
  5. halo, saya berasal dari jurusan IPA tetapi saya menyukai sejarah. apakah saya bisa masuk jurusan arkeolog, kalau bisa apa saja yang harus dilakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. Yang harus dilakukan adalah belajar dengan baik buat SBMPTN/SIMAK, dan pilih jurusan arkeologi.

      Delete
  6. halo kak, saya skrg kelas 3 sma dan lg bingung bgt mau masuk jurusan apa. saya minatt bgt di arkeologi ui ini. tapi ortu ngga setuju karena takut jurusan ini susah dapet kerjaan nanti. kira-kira prospek kerjanya apa aja ya kak? dan saran biar ortu bisa ngizinin kira-kira gimana. terima kasih kakk sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Hay kak gw camaba arkeologi UI nih bingung prospek kerjanya gimana kak

    ReplyDelete
  8. doain yaa kaka semua... tahun ini lagi nunggu hasil SNMPTN dan aku milih prodi Arkeologi di UI hehehe (dari kelas 10 cinta bgt sama sejarah)

    ReplyDelete
  9. Kak Mau nanya nih kalo smanya ambil ipa pas kuliah bisa gak ya ambil jurusan arkeologi?

    ReplyDelete
  10. Kak kira kira nilai rapot untuk tembus SNMPTN arkeolog ui brp ya?

    ReplyDelete