Sunday, March 15, 2020

Pengalaman Rekrutmen ENS Future Leader di PT ENS Indonesia

Logo PT ENS Indonesia
Setelah menemui kegagalan di tiga pengalaman pertama saya sebagai jobseeker (RMT Superindo, Banker Program BCA, & Anteraja Acceleration Program), saya pun kembali mencari info loker di instagram. Akhirnya, saya menemukan dua program MT yang cukup menarik, yaitu ENS Future Leader Program dan Wings Graduate Trainee Program. Fyi, saya mengikuti proses rekrutmen di ENS dan Wings ini pada waktu yang hampir bersamaan. Bahkan ada suatu hari dimana saya mengikuti seleksi Wings, besoknya di ENS, dan besoknya lagi kembali di Wings. Nah, yang akan saya bagikan kali ini adalah pengalaman saya mengikuti rekrutmen ENS Future Leader Program.

Jika kalian pernah membaca laman about me di blog ini, kalian akan tahu bahwa saya pernah menjadi tutor privat freelance sewaktu kuliah di Jogja. Saya memang memiliki ketertarikan khusus di dunia pendidikan, dimana saya cukup senang untuk mengajarkan basic thinking skills serta bagaimana mengaplikasikannya pada soal-soal TPA/TBS dan Ekonomi. Sayangnya, saya tidak memiliki background pendidikan untuk melamar kerja di bidang ini. Kesempatan masuk industri pendidikan pun muncul ketika saya menemukan sebuah loker MT di instagram ENS Indonesia. Langsung deh saya cus mendaftarkan diri.

PT ENS Indonesia adalah perusahaan bidang pendidikan dan tutoring untuk persiapan SPMB STAN. Berdiri tahun 2009, ENS telah memiliki lebih dari 50 cabang dengan kantor pusat terletak di Tangerang Selatan. ENS juga mengklaim telah membantu ribuan siswa untuk bisa masuk ke STAN. Tahun 2019 adalah pertama kalinya ENS membuka program MT (batch 1) untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang sedang ekspansi. Setelah mendaftar secara online, saya mendapatkan email undangan untuk mengikuti proses seleksi pertama yaitu written test dan interview yang akan dilaksanakan di kantor pusat ENS.

Sebaran Cabang ENS di Indonesia
Di pagi hari yang telah ditentukan, berangkatlah saya naik commuter line dari stasiun Kebayoran Lama ke stasiun Jurang Mangu. Seperti biasa, saya mengenakan kemeja merah dengan sepatu hitam mengkilat dan rambut yang sudah tersisir rapi, hehe. Setibanya di stasiun tujuan, saya pun memesan ojek online ke kantor ENS. Ternyata, saya datang terlalu cepat dan kantornya belum buka sehingga saya harus menunggu sebentar di luar kantor.

Setelah kantor buka, saya dipersilahkan masuk dan menunggu di sebuah ruangan. Tak lama kemudian, datanglah HRD yang membawa kertas soal untuk saya. Setelah kami berkenalan dan berbincang sedikit, beliau meminta saya untuk mengerjakan 40 soal yang ia bawa dalam waktu 90 menit. Soal tersebut berisi real life situation dan cases, dimana saya diminta untuk memberikan respon/solusi jika dihadapkan pada situasi/masalah tersebut. Soalnya cukup lengkap dan variatif, mulai dari marketing, HR, pendidikan, leadership, dll, semua ada. Saya pun mengerjakan soal tersebut satu-persatu. Oh ya, btw saya mengikuti tes ini seorang diri, karena pendaftaran sudah ditutup dan saya adalah peserta terakhir yang mendaftarkan diri.

Setelah selesai, saya langsung mengumpulkan lembar jawaban saya kepada HRD tadi. Setelah itu, mas HRD membawa saya ke ruang pelaksanaan interview. Setibanya di ruangan, saya langsung bertemu dengan national marketing manager. Saya diinterview oleh beliau dengan menggunakan full english. Cukup mengasyikkan karena beliau banyak menanyakan tentang pengalaman-pengalaman saya beserta insight saya di dunia pendidikan Indonesia maupun di bidang lainnya. Rasanya interview tersebut berjalan dengan sangat lancar dan mulus. Selain itu, saya juga sempat diberi gambaran tentang program ini. Lulusan FLP akan menjadi seorang branch manager di salah satu cabang ENS. Selama program pun, para future leader akan diberikan pelatihan yang komprehensif tentang marketing, hr management, leadership, kependidikan, dll. Setelah selesai, saya pun dipersilakan untuk pulang.

Keesokan harinya, saya kembali mendapatkan email undangan ke tahap selanjutnya yaitu presentasi dan user interview. Nah, tanggalnya ini adalah sehari setelah saya interview HRD dan FGD di Wings. Di hari yang telah ditentukan, saya datang kembali ke kantor pusat ENS naik commuter line. Materi yang saya presentasikan adalah profil diri saya sendiri secara lengkap dan detail. Yang menilai presentasi saya sekaligus menginterview saya setelahnya adalah HR Manager ENS. Saya diberikan waktu sekitar 15 menit untuk presentasi, dan setelah itu beliau langsung mengorek-ngorek diri saya, hahaha. Saya juga banyak ditanyai tentang nilai-nilai yang saya anut beserta respon saya jika diberikan suatu masalah tertentu. Total waktu kira-kira 60 menit. Setelah itu, saya kembali dipersilahkan untuk pulang.

Proses rekrutmen terhenti sejenak karena waktu itu sudah mepet lebaran. Seminggu setelah lebaran, saya mendapatkan pengumuman akhir dari ENS. Dan akhirnya, setelah gagal 3x, saya pun berhasil mendapatkan email "DITERIMA" beserta offering letter dari ENS Indonesia 😆. Senang sekali rasanya. Saya diterima sebagai MT dengan peran pertama sebagai Marketing & Tutor TPA. Saya kemudian diberikan waktu 1 hari untuk menerima atau menolak offering tersebut.

Akan tetapi, setelah melalui proses pertimbangan yang matang, saya memutuskan untuk tidak mengambil tawaran dari ENS tersebut. Kemudian saya mengirimkan email permohonan maaf dan ucapan terimakasih kepada ENS Indonesia. Padahal ENS sebagai perusahaan sebetulnya cukup baik dengan orang-orang yang menarik di dalamnya.

Demikian pengalaman saya mengikuti rekrutmen dari PT ENS Indonesia. Semoga bermanfaat, dan jangan segan untuk meninggalkan komentar ataupun mengontak saya di instagram @abdul.yafi
Terimakasih telah berkunjung!

Regards,
Abdul Yafi

No comments:

Post a Comment